Tuesday, December 22, 2009

Prita

Post image for Navicula presents “Mafia Medis” – Lagu untuk ibu Prita

Navicula presents “Mafia Medis” – Lagu untuk ibu Prita



Judul lagu ini adalah “Mafia Medis” yang isinya ungkapan ketidakpuasan terhadap oknum penyedia pelayanan medis yang sembrono menangani pasien. Kami sadar bahwa tidak semua pihak medis demikian, karena memang seharusnya pihak penyedia pelayanan kesehatan menjunjung tinggi rasa kemanusiaan. Kami yakin oknum medis yang bersih tidak akan tersinggung dengan lagu ini, karena lagu ini hanya ditujukan bagi oknum yang nakal.
Lagu ini dibuat karena kekesalan kita, dari perspektif konsumen, terhadap sejumlah kasus-kasus mal-praktik, mis-diagnosa, pemerasan ‘halus’ kepada konsumen dalam bentuk biaya yang gila, pemberian obat yang tidak cocok, treatment yang ngawur, monkey business/komisi produk yang dijual, dan aktivitas-aktivitas lainnya yang jauh menyimpang dari ‘sumpah hippokrates’, baik yang pernah kami alami ataupun dengar dari pengalaman para kerabat dan sahabat.
Salah satu yang mencuat ke permukaan adalah apa yang terjadi pada Prita! Selaku sesama ‘orang awam’, kami merasa prihatin saat kasus ini berujung pada gugatan di pengadilan dan keputusan hukum yang dibebankan ke Ibu Prita hanya karena ‘aktivitas wajar’; curhat sebagai konsumen yang tidak puas dengan pelayanan yang diberikan.
Sampai sekarang kami masih belum mengerti kesalahan Ibu Prita terletak dimana di kasus ini?
Kami senang saat ini dunia sudah semakin terbuka dan transparan, dengan realita dukungan sporadis yang melimpah untuk perjuangan Ibu Prita. Cukup sudahi penderitaan Sang Ibu, dan besar harapan kami tidak akan terjadi Prita-Prita lain di dunia yang vital, dunia medis dan hukum, di negara kita tercinta ini.
Jadikan dunia medis sekarang dan ke depan bersih dari oknum ‘mafia’; kalau masih kotor mungkin kita bersama perlu melakukan pasteurisasi berulang-ulang, ataupun sterilisasi aja sekalian!
Saatnya masyarakat yang berujar!
Saatnya konsumen menentukan pilihan, serta memperoleh haknya untuk memperoleh pelayanan yang layak dengan harga yang wajar!
Bersulang & menyumbang untuk Prita!

Judul Lagu: Mafia Medis
Music by: Navicula
Lyrics by: Gede Roby Supriyanto
Terbius senyum palsumu aku pasrahkan
Ikuti apa saja yang kau suntikkan
Tubuh ini tak terima, kau tak peduli
Dengan halus kau memerasku tuk terus membeli
Aku terdiam
Aku orang awam
Ada iblis yang sembunyi di jubah suci
Aku silau dengan cahaya di ranjang neraka
Diagnosa yang ku tanya, ku tak mengerti
Sambil menahan derita, ku pendam curiga
Mafia Medis…
Kau bermain dengan nyawaku
Kau bermain dengan nyawaku
Kau bermain dengan nyawaku
Oh tolong ingatlah sumpahmu…

No comments: